Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Cara Membuat Artikel Blog Menarik

Y | 23:49 |


para kawan semua kembali lagi bersama saya alam dunia maya...
Pertanyaan tentang Bagaimana Membuat Artikel yang Menarik tiap saat saya ajukan ke diri sendiri. Bagi blogger seperti saya, Ini semacam pekerjaan rumah yang selalu menantang untuk diselesaikan.
Perhatikan: saya tidak menanyakan: Bagaimana Cara Menulis Artikel yang Menarik tapi Bagaimana Cara Membuat Artikel yang Menarik“. “Menulis” dan “membuat” menurut saya adalah 2 hal yg berbeda. Bagi blogger yang malas menulis seperti saya,  ada solusinya.
Artikel Blog yang menarik itu memiliki 2 kategori:
  • Menarik bagi search engine 
  • Menarik di mata pembaca
Artikel yang menarik bagi search engine adalah atikel yang SEO Friendly (ada Meta Tag Title, Meta Tag Keyword, Meta Tag Description, isi yang original, internal link, dll). Mengenai ini sudah banyak sekali dibahas oleh para kampiun dan jawara SEO. Lalu bagaimana artikel yang menarik bagi pemirsa ? Ini dia yang mau saya bahas.

SEXY CONTENT
Menurut saya: Artikel yang menarik atau “seksi” adalah artikel yang membahas dan menyentuh langsung kebutuhan seseorang serta memberikan cara atau petunjuk bagaimana cara pemenuhannya.
Lihat tema-tema berikut:
  • Cara membuat Blog Kebanjiran Pengunjung
  • Cara belajar bahasa Inggris yang mudah dan efektif
  • Lembaga mana saja yang menawarkan schollarship / beasiswa
  • Cara mengecilkan perut buncit
  • Modifikasi Motor Honda CBR250R
  • Lowongan kerja terbaru
  • informasi artis penyanyi korea
  • dll
Dari hasil riset kecil-kecilan saya, tema-tema ini adalah contoh kecil dari apa yang dicari oleh para pengguna internet. Yang ngefans dengan artis korea kebutuhannya adalah berita-berita dan gossip uptodate tentang artis Hallyu pujaannya. Yang suka dengan sepeda motor 250 cc dari Honda (CBR250R) akan mencari informasi modifikasi dan sparepart-nya,  Yang belum bekerja akan memburu informasi tentang lowongan kerja terbaru.
Jadi para narablog yang cakep dan cantik… coba anda cari tahu kebutuhan apa saja yang mungkin menggerakkan orang untuk mencarinya di internet lalu jadikan itu artikel anda.
Kebutuhan manusia tidak akan jauh-jauh dari kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Namun diantara ketiganya yang paling seksi adalah kebutuhan tersier. Mengapa saya bilang seksi? Karena kebutuhan tipe ini digerakkan oleh ego!
Ego manusia adalah bagian dari diri yang membuat kita semua unik sekaligus inilah kelemahan utama kita. Karena ego, kita ingin diidentifikasi secara berbeda. Karena ego, kita ingin menampilkan diri selaik mungkin. Karena ego, kita mau mempunyai pesona tertentu di mata orang lain. Ego ini yang menggerakkan kebutuhan tersier. Istilah bahasa Sundanya: Self Esteem.
Contoh self esteem: Kalau anda sudah punya uang banyak dan bermobil Honda Civic, ego anda akan mengatakan sudah saatnya anda “naik status” dengan memakai Mercedes atau BMW. Yang duitnya belum banyak dan engga naik sedan mungkin tidak memahami ini. Tapi begitu anda sudah punya sedan dan ada rejeki banyak serta mampu beli, pasti ingin segera ganti ke SUV mewah! Nah perusahaan-perusahaan yang memasarkan benda tersier seperti mobil mewah, kondominium, pakaian mewah, perhiasan mewah, dll amat paham akan kondisi psikologis ini dan memanfaatkannya dengan cerdas dalam marketing champaign mereka.
Sebagai blogger anda juga bisa memanfaatkan pengetahuan ini. Penuhi blog atau web anda akan informasi-informasi yang menyentuh langsung kebutuhan pemirsa dunia maya. Kalau bisa, sajikanlah artikel tentang kebutuhan tersier. Penuhi ego pemirsa dan saksikan bagimana mereka menjadi enthusiast blog anda.

MALAS MENULIS? 
Tidak jadi masalah. Inilah gunanya artikel ini. Seperti yang sudah saya kemukakan diatas: Tips MEMBUAT artikel Blog yang menarik. Anda akan membuat artikel dan tidak perlu repot-repot menulisnya namun cara ini masih membutuhkan effort / usaha tertentu.
  • Tanya: Maksud Bang Red adalah copy paste? Tapi Copy paste kan tidak disukai search engine? Bang Red sendiri menulis kalau original content sangat disukai oleh mesin pencari?
Dari sana anda bisa lihat jika copy paste itu ada seninya. Dengan copy paste anda bisa menciptakan sebuah artikel dengan unique content yang akan dianggap berharga oleh search engine. Jadi jangan sembarangan ngopas lho. Perhatikan juga dalam artikel diatas

Effort yang saya maksud adalah: membaca! Pastikan anda sudah membaca semua sumber yang mau dicopast dan telaah dimana sumberr-sumber anda ini nyambung. Misalnya dari web A kita mendapat informasi yang sesuai dengan BLOG B, kombinasikan lalu tambahkan sedikit kata-kata anda. Lalu berikan juga nilai tambah disana. Nilai tambah ini yang akan membuat artikel anda unik. Dengan SEO dan SMO (social media optimization) yang tepat maka pemirsa akan selalu mendatangi artikel anda.
Kita kembali pada pembahasan sexy content dan “pijat payudara”. Pijat payudara adalah kebutuhan tersier bagi wanita yang sering diintip pria. Kebanyakan wanita amat concern dengan buah dadanya. Banyak yg ingin buah dadanya lebih besar dan lebih kencang. Kebutuhan ini digerakkan oleh ego kan? Sementara pria juga senang mengintip yang satu ini. Kayaknya yang ini bagi pria bukan digerakkan oleh ego melainkan oleh libido 

Akan lebih joss lagi kalau memang hobby anda adalah menulis. Tips tentang kopas-kopasan diatas adalah untuk blogger yang males nulis kayak saya. Patuhi saja azaz kebutuhan tadi dalam setiap artikel yang anda tulis dan anda sudah di jalur yang benar!

dan biar artikel user user friendly. Seketika sudah terbiasa, pasti akan menyenangkan, dan terlebih lagi akan menghasilkan sesuatu yang menguntungkan, monetisasi. Untuk memastikan artikel sobat dibaca dan enak dibaca, berikut beberapa tips mengenai format penyajian artikel blog:

1. Gunakan paragraf
Paragraf sangat penting untuk membagi pokok pikiran, sehingga isi masing-masing pokok pikiran dapat dituangkan dengan batasan-batasan yang jelas. Pembaca dapat dengan mudah mengikuti setiap pemikiran tersebut karena ada pemisahan. Satu paragraf jangan sampai terlalu panjang, misalnya hingga lebih dari setengah halaman, karena ini dapat menurunkan mood pembaca. Membaca seolah menjadi pekerjaan berat dan tidak menyenangkan. Ingat, paragraf tidak mesti berupa sekumpulan kalimat berjumlah banyak, kadang cuma satu kalimat, bahkan cuma satu kata! Jangan lupa beri jarak antar paragraf / beri ruang kosong, sehingga paragraf-paragraf tidak tampak berdesakan.
2. Gunakan format justify (rata kiri kanan)
Format ini cenderung membuat artikel tanpa rapi di masing-masing sisi, sehingga membacanya pun enak. Gunakan text align justify ini pada bentuk tulisan pada artikel murni. Tentunya, jika ada tulisan yang mengandung bentuk-bentuk lain seperti kode/script, jangan terapkan rata kiri kanan pada bagian tersebut.

3. Gunakan list, baik angka atau bentuk lain (unordered list).
Menggunakan list untuk menekankan poin-poin tertentu membuat pembaca mudah mengingat dan mengambil intisarinya. Jika ada penjelasan tambahan, barulah ditambahkan dalam beberapa kalimat atau sebuah paragraf. Ketika ada format list, pembaca akan tahu ada penekanan point dan ada petunjuk bahwa pada bagian list inilah semua poin penting disampaikan. Ini sangat berguna jika sobat membuat artikel-artikel yang memiliki poin-poin yang ditekankan, misalnya tips, petunjuk, prosedur, manual, jenis-jenis, dan lain-lain.

4. Gunakan heading atau sub-heading
Menggunakan heading dapat memberikan peluang untuk membagi tulisan dalam sub-sub tertentu. Ini akan memudahkan pembaca bergerak dari satu poin ke poin lainnya. Format ini akan sangat bermanfaat bagi artikel yang sangat panjang dan memuat banyak pokok pembicaraan dalam sebuah topik. Heading atau sub heading dalam format HTML menggunakan tag header dari <h1> sampai <h6>. Saran saya gunakan sub heading di bawah level judul artikel. Sobat dapat dengan mudah memformatnya dengan menggunakan text selection pada sebaris kata yang hendak dijadikan sub heading, kemudian lihat ke atas text editor, ada menu dropdown dengan menu utama "Normal", klik dan pilih format heading, sub heading, atau minor heading. Di WordPress, tampilan menu utama adalah "Paragraph", ubah menjadi header1, header2, header3, .... dan seterusnya.

5. Gunakan judul artikel kreatif dan menarik
Judul artikel ibarat mahkota. Apa yang dia tampakkan berpengaruh pada seberapa menarik artikel di dalamnya. Buat judul sekreatif mungkin. Jangan hanya terpaku pada keyword, karena itu justru dapat mengurangi nilai artikel, padahal mungkin artikel di dalamnya sangat bagus. Misalnya, daripada menggunakan "8 Tips Mendapatkan Jodoh", cobalah variasi lain. Contoh, "Dapatkan Jodohmu Dengan 8 Cara Mudah ini!". Gunakan pula format-format yang lebih provokatif, misalnya dengan menggunakan kalimat tanya. Sering loh saya mendapati incoming search yang menggunakan keyword kalimat tanya, misalnya, "Link building itu apa sih?", "bagaimana cara blog saya dikunjungi???", dan lain-lain. Beneran ada tuh, ga bohong. Mungkin orang sudah menganggap Google itu manusia yang bisa jawab kali ya...

6. Upayakan pembaca tertarik dari awal hingga akhir
Dari awal paragraf, gunakan situasi-situasi nyata agar pembaca dapat mengkaitkan dengan dirinya sendiri. "Nah, ini gue banget nih!", "Hmmm, ini yang aku butuhin....", "Oh, gitu ya, jadi gimana cara ngatasinnya?", dst... Gunakan deskripsi dan metafora untuk mengantarkan poin pembicaraan, tapi jangan terlalu berlebihan. Jika dibutuhkan, upayakan gunakan gambar untuk mendeskripsikan suatu situasi atau contoh agar pembaca dapat dengan mudah menyerapnya.

7. Gunakan Pengalaman pribadi sebagai contoh dalam topik
Gunakan pengalaman pribadi anda ketika menemui suatu masalah dan dalam memecahkannya. Ini yang membuat suatu karya tulis bernilai tinggi, karena sobat tidak hanya menuliskan apa yang didengar, atau yang sudah ditulis orang lain saja, melainkan dikembangkan menjadi apa yang dialami sendiri dan dikuasai betul. Sobat tidak akan sekedar berbicara sebagai guru yang mengajar sambil memegang buku pelajaran terbitan luar, tapi seperti seorang narasumber yang memegang catatan pribadi dan menyampaikan apa yang dialami, diteliti, dan dicarikan jalan keluarnya.

demikian sekelumit artikel dari saya tentang Cara Menulis Artikel yang Menarik, cukup mudah kan jika kita mau berusaha pasti bisa


0 comments:

Post a Comment


close
cbox
 

Info Blog



Future Google PR for nakayasimaruya.blogspot.com - 0.00
Internet Blogs



W3 Directory - the World Wide Web Directory
free counters
free search engine submission
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com

Followers

Blog Sahabat